Searching...
Jumat, 01 Februari 2013

Phantom Episiotomy



Phantom Episiotomi merupakan peraga untuk praktek pengguntingan kulit dan otot antara vagina dan anus yang bertujuan untuk melebarkan jalan lahir. Episiotomi dilakukan untuk mencegah robekan yang luas dan tidak beraturan pada daerah perineum.agar robeknya lebih mudah dijahit dan hasilnya lebih bagus.

Peraga Episiotomy
Phantom Episiotomy

Phantom peraga Episiotomi ini terdiri dari 3 unit yaitu robekan tengah dan robekan samping kanan dan kiri. Phantom episiotomy dibuat untuk memudahkan siswa/siswi kebidanan maupun calon dokter untuk memahami tindakan episiotomi atau pengguntingan jaringan otot antara vagina dan dubur dalam proses melahirkan. Phantom episiotomi ini juga dapat digunakan untuk perawatan luka setelah dilakukan tindakan episiotomy tersebut.
Tindakan Episiotomi dilakukan apabila diantaranya adalah pada kasus bayi yang besar, dilakukan tindakan bantuan persalinan dengan alat misalnya vakum ekstraksi, bayi dengan kelainan letak sungsang, kelainan posisi kepala bayi pada jalan lahir dan perineum yang kaku sulit meregang, keadaan bayi yang gawat misalnya mengalami penurunan detak jantung, salah satu upaya untuk mempercepat proses kelahiran bayi pada ibu dengan resiko penyakit misalnya ibu mengalami tekanan darah tinggi, dan pada kasus - kasus darurat kebidanan lain yang terjadi sewaktu - waktu.
Phantom episiotomi adalah phantom peraga yang digunakan untuk praktek pengguntingan vagina pada saat proses persalinan.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Back to top!